“Imunisasi dasar kita sudah baik, namun untuk pencapaiam imunisasi lanjutan masih perlu kita tingkatkan melalui BIAN ini. Sehingga anak-anak yang belum lengkap imunisasi dasar dan lanjutannya kita lengkapi terus imunisasinya dalam kegiatan yang ini sekaligus memberikan imunisasi tambahan campak rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun,” jelasnya.

Ia berharap seluruh pihak berperan aktif menyukseskan pelaksanaan BIAN dengan menyebar luaskan informasi pada setiap kesempatan, menggerakkan masyarakat dan orang tua agar anaknya segera diimunisasi.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan Pencanangan BIAN dilaksanakan pada bulan Mei-Juni dengan target sasaran 133.475 anak mulai umur 9 bulan – 12 tahun.

“Layanan imunisasi anak ini kita laksanakan di 26 Puskesmas, 560 Posyandu dan juga semua SD sebanyak 419 sekolah jenis imunisasi OPV, IPV dan , DPT-HB-HIB,” sebutnya.

BIAN ini sangat bermanfaat dan mencegah kesakitan serta kecacatan akibat campak, polio, pertusis atau batuk rejan, rubela, Difteri, Hepatitis B, pneumonia (radang paru) dan meningitis (radang selaput otak). Dengan sasaran yakni imunisasi tambahan campak rubella untuk anak umur 9 bulan – kurang dari 12 tahun, dan melengkapi imunisasi polio, DPT-HB-HIB bagi anak umur 12 – 59 bulan.