INDIA – Setelah penarikan pasukan di wilayah Afghanistan berakhir, Amerika Serikat dianggap menyudahi operasi militer dan peperangan terhadap taliban. Namun, Presiden Joe Biden bersumpah akan tetap melawan teror di afghanistan.

Baca Juga : Penarikan Pasukan AS, Taliban Kuasai Bandara Kabul

Menurutnya, penarikan pasukan AS yang dilakukan adalah keputusan terbaik dan bijaksana mengingat sesuai tenggang waktu ditetapkan sebelumnya.

“Saya memberikan kata-kata saya: Dengan sepenuh hati, saya percaya ini adalah keputusan yang tepat, keputusan yang bijaksana, dan keputusan yang terbaik untuk Amerika,” katanya dikutip dari indiatoday.in, Rabu (01/09/2021).

Perang yang terjadi di Afghanistan telah berakhir dan Taliban telah menguasai wilayah terkhusus kota kabul. Pilihan Biden merupakan sesuai janji kepada rakyatnya.

“Ketika saya mencalonkan diri sebagai Presiden, saya membuat komitmen kepada rakyat Amerika bahwa saya akan mengakhiri perang ini. Dan hari ini, saya menghormati komitmen itu. Sudah waktunya untuk jujur ​​dengan rakyat Amerika lagi. Kami tidak lagi memiliki tujuan yang jelas dalam misi terbuka di Afghanistan,” kata Biden.

Pilihan untuk mengakiri perang telah disampaikan jauh hari demi keselamatan dan keamanan warganya secara nasional maupun internasional.

Sementara itu, penarikan pasukan AS bagi Taliban adalah kemenangan dengan keberhasilannya kembali menguasai wilayah afghanistan.