MAKASSAR – Sejumlah atlet Sulawesi Selatan (Sulsel) yang turut mengukir prestasi di kancah olahraga internasional. 12 orang atlet dari Sulsel mampu menyumbangkan medali untuk Indonesia pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Baca Juga : Kakanwil Sulsel Berikan Sejumlah Arahan bagi Jajarannya

Atlet dari Sulsel telah meraih medali di berbagai cabang olahraga, seperti dayung, futsal, takraw, dan angkat besi.

Dari cabang olahraga dayung, yaitu Sulfianto meraih dua medali emas, Anwar Tarra meraih satu medali emas, dan Nurtang meraih satu medali perak.

Untuk cabang olahraga karate, atlet dari Sulsel juga meraih juara. Dengan nomor kata Beregu Putra meraih satu medali emas, tiga orang merupakan atlet dari Sulsel, yaitu Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana dan Albiadi. Sedangkan nomor kata perseorangan putri, Krisda Putri meraih satu perunggu.

Ardiansyah Nur juga meraih satu medali perak di cabang olahraga futsal. Pada cabang olahraga takraw, tiga atlet meraih tujuh medali, yaitu Muhammad Hardiansyah Muliang (satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu);  Rusdi (satu medali emas dan satu medali perak); dan Andi Tri Sandi Putra (satu medali perak dan satu medali perunggu).

Di cabang angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas untuk Indonesia.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para atlet yang berhasil mengharumkan nama Indonesia, khususnya Sulsel.

“Alhamdulillah, sejumlah atlet dari Sulsel memberikan sejumlah medali yang dipersembahkan untuk Indonesia pada event olahraga SEA Games 2021 di Vietnam,” ujarnya.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan mengucapkan selamat dan kami merasa bangga atas raihan prestasi para atlet kita di event olahraga SEA Games 2021 di Vietnam. Kalian menjadi kebanggaan seluruh masyarakat di Indonesia, dan di Sulsel pada khususnya,” tegasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, sejumlah atlet Sulsel yang menorehkan prestasi gemilang di SEA Games Vietnam dari binaan Dispora Sulsel.

Dispora Sulsel saat ini sedang mempersiapkan usulan bonus bagi peraih medali di SEA Games Vietnam. Namun, bonus akan diusulkan sekaligus setelah pelaksanaan SEA Games.