MAROSBupati Maros HAS Chadir Syam bersama Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Maros meninjau langsung lokasi ambruknya Jembatan di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Jum’at (20/05/2022).

Bersama rombongan, HAS Chadir Syam melihat langsung patahan jembatan yang menghubungkan desa Pucak dengan Desa Tompobulu. Penyebab ambruknya jembatan dengan panjang 7 meter dan lebar 5 meter tersebut masih didalami, mungkin saja karena abrasi yang menyebabkan tanah seputar pundasi jembatan tergerus air sungai atau penyebab lain.

Untuk estimasi anggaran perbaikan, menurut pihak Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perhubungan dan Pertanahan (DPUTRPP), diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 950 juta.

Bupati Maros mengatakan sedang dilakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait penyebab ambruknya jembatan. jika telah ada keterangan dari BPBD, proses pengerjaan jembatan akan segera dilaksanakan.

“Namun jika kerusakan dipengaruhi oleh faktor lain, maka akan dianggarkan di APBD perubahan, mengingat usia jembatan tersebut sudah 25 tahun lebih,” katanya.

Bupati mengatakan, untuk sementara masyarakat dapat mengakses jalur alternatif, namun hanya dapat dilalui maksimal dengan kendaraan roda 4 berukuran standar (non truk).

Bupati bersama rombongan didampingi Camat Tompobulu melanjutkan kunjungannya ke rumah warga korban bencana banjir dan menyerahkan bantuan sosial berupa sembako dan kebutuhan lain pada masyarakat yang terdampak bencana.