MAKASSAR – Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan, Gurutta Ruslan Wahab, ajak kader Ikatam Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ikut berperang aktif di Masjid, hal tersebut disampaikan melalui forum Latihan Kader Utama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama ( Lakut IPNU) se-Indonesia Timur yang dilaksanakan di UIM Makassar, Kota Makassar, Selasa, (31/6/2022).

Baca Juga : Daenk Jamal Silaturahmi Bersama Ketua DPW Nasdem DKI Jakarta

Melalui pidatonya tersebut tegaskan bahwa kader-kader Nahdlatul Ulama (NU) saat ini, tidak boleh hanya kaya secara ideologi semata, namun perluh juga pengaplikasian dan memasifkan perangnya secara praktis di tengah-tengah Masyarakat, kader-kader NU di era ini perluh menjawab segala problem sosial dan mengokohan ideologinya secara nyata.

“Kita tidak boleh hanya kaya ideologi, kalau kita hanya mengandalkan ideologi semata maka kita tertinggal dan akan ditinggalkan masyarakat, oleh karenanya dibutuhkan pengokohan secara praktis terlebih lagi berkaitan kehidupan masyarakat”, Tegasnya.

Baca juga: Ketua Bawaslu Sulsel Hadir di Pembukaan Lakut IPNU Sulsel, Begini Harapannya

Lanjutnya, perang secara praktis kader-kader NU khususnya kader IPNU tersebut perluh digencarkan terutama di sektor-sektor masjid yang ada di seluru Sulawesi Selatan, karena masjid menjadi Icon keagamaan yang sangat urgen di masyarakat.

“Coba kita jalan ke masjid-masjid khususnya Sulawesi Selatan. Coba lihat, tradisi-tradisi keagamaan Aswaja berbasis Nahdliyyin yang baik sudah mengikis sedikit demi sedikit. Kita kalah bergerak cepat dengan kelompok dan instansi kultur keagamaan yang lain, karena memang kita kurang program ke situ, nah ini kader NU, khususnya IPNU ini perlu ada program ke sana, program cinta masjid, ayo IPNU ini adakan itu ya”, jelasnya.

Ia pun berharap Kader-kader IPNU dalam menjawab tantangan zaman perluh lebih gencar dan berani menyampaikan dan mengamalkan secara transparan ilmu dan mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh kiyai-kiyai secara turun temurun.