MAKASSAR – Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Syamsul Rizal menyuarakan pentingnya komunikasi dan kesiapsiagaan kebencanaan, Jumat (3/6/2022).

Baca juga : Deng Ical Angkat Bicara Soal Biaya Darah

Ia mengatakan kebencanaan merupakan tanggung jawab kita bersama. Hal ini ia utarakan dalam acara Ngobrol Spesial Tribun Timur dengan tema “ISKI Membangun Kesiapsiagaan Bencana”.

Tambahnya, seluruh warga Indonesia harus ikut andil dalam mitigasi bencana. ISKI Sulsel juga berencana untuk membangun KBBM atau Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat.

“Kita ingin membangun KBBM namanya, Kesiapan Siagaan Bencana Berbasis Masyarakat. Supaya informasi ini sampai dan kita juga menyiapkan sebagian perhatian dalam diri kita, supaya kita menjadi lebih siap,” ungkap orang yang akrab disapa Deng Ical itu.

Baca juga : NIPAH PARK Gandeng PMI Hadirkan Gerai Donor Darah

Lebih lanjut, dikonfirmasi terpisah Deng Ical mengatakanan inti dari KBBM ini ialah sosialisasi demi membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan bencana melalui ilmu komunikasi.

“KBBM itu intinya sosialisasi. Bagusnya melalui jalur pendidikan. Maka ilmu komunikasi menjadi sangat penting untuk lebih mendorong informasi tersebar luas. Itu intinya,” ujarnya.

Ia juga menceritakan asal mula mengapa ISKI Sulsel menjadikan KBBM ini sebagai salah-satu program prioritas. Ternyata Pakar Komunikasi Bencana yaitu Prof. Hafied Cangara juga adalah bagian dari ISKI Sulsel ditambah lagi Deng Ical ialah seorang aktivis bencana.

Baca juga : Gandeng Kalla Group dan PMI, FSP Makassar Sukses Gelar Donor Darah dan Buka Puasa Bersama

Terakhir, mantan Wakil Walikota Makassar itu juga berharap agar KBBM dapat menjadi kurikulum di lembaga pendidikan serta dibangunnya sekolah siaga bencana.

“Mimpinya kita itu adalah KBBM ini menjadi kurikulum lokal di sekolah, baik di perguruan tinggi ataupun di lebih bagus lagi kalau di sekolah dasar sehingga, kalau perlu besok-besok kita bangun sekolah siaga bencana,” jelasnya.

Baca Juga : Ketua DPRD Pangkep Siap Perjuangkan Transportasi Layak Untuk Masyarakat Kalmas