JENEPONTO – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Bontoramba menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pembentukan Bank Sampah, di Aula Kantor Lurah Bontoramba, Kamis (2/9/2021).

Acara di buka oleh Sekcam Bontoramba H. Mursalim, S.Sos, hadir sebagai narasumber yakni Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto Abdul Rahmat Lili, SE, MM.

Turut hadir kepala KUA Kecamatan Bontoramba, Ketua LPK, Bhabinkantibmas, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Bontoramba serta perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan kader posyandu Kelurahan Bontoramba.

Lurah Bontoramba Hasbullah, S.Pd.I, SE, dalam sambutannya menyampaikan penting dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini yaitu untuk saling mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan terwujud lingkungan yang bersih dan berkelanjutan.

Ditempat yang sama Sekcam Bontoramba H. Mursalim menghimbau kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir agar dapat mengikuti acara ini dengan serius, sehingga nantinya bisa mendapatkan ilmu dan informasi yang bermanfaat dari narasumber.

Sehingga sebentar akan diterapkan di lingkungan rumah masingmasing. Lingkungan yang bersih, drainase yang tidak ada sampahnya, dimana sampah masyarakat terkelola dengan baik maka otomatis akan terwujud lingkungan yang asri dan lestari, ucap Mursalim.

Sementara Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto Abdul Rahmat dalam pemaparan materinya menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah sejak dari rumah (sumber). Sampah yang dipilah saat ini sudah bernilai ekonomi dan solusi inovatifnya adalah dengan membentuk Bank Sampah.

Rahmat mengatakan Bank Sampah dapat mereduksi/mengurangi jumlah timbulan sampah yang berserakan dilingkungan sekitar kita, pungkasnya.

Setelah acara sosialisasi digelar, selanjutnya dilakukan pembentukan Pengurus Bank Sampah. Sebagai Direktur Kakkasang Sitaba, Sekretaris Sulham, Bendahara Nurhani. Kemudian Nama Bank Sampahnya di sepakati adalah Bank Sampah Macanga.