KESEHATAN – Cara mengobati bisul itu gampang-gampang susah. Bisul merupakan penyakit yang masih tergolong ringan, namun sebenarnya sangat sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga : Kapolri : Jangan Ada Polarisasi pada 2024 Nanti

Meski begitu, jangan mencoba memencet atau memecahkan bisul secara asal-asalan, apalagi dipaksakan. Hal ini karena dapat memperparah infeksi.

Bisul bisa terjadi dimana saja, biasanya muncul di ketiak, bahu, wajah bahkan bokong. Bisul di wajah akan membuat tampilan kurang maksimal dan bisa mengurangi rasa percaya diri, belum lagi bisul di bokong yang terasa sakit dan terkadang membuat sulit untuk duduk.

Dikutip dari WebMD, berikut ini panduan cara mengobati bisul tanpa perlu dipecahkan.

1. Tunggu sampai pecah dengan sendirinya

Bisul biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan medis. Bisul juga tidak boleh dipencet atau dipecahkan sendiri dengan cara ditusuk dengan peniti atau jarum, karena yang terjadi justru akan memperparah infeksi dan menimbulkan luka.

2. Kompres air hangat

Salah satu cara terbaik untuk mengobati bisul adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pecahnya bisul. Kompres bisul dengan air hangat dapat mengurangi rasa sakit saat mengumpulkan nanah di bagian atas bisul.

Siapkan air hangat dan handuk bersih.  Celupkan handuk ke dalam air hangat dan peras hingga kering, lalu letakkan di area yang terkena bisul selama 10 menit beberapa kali sehari sampai bisul meletus.

3. Bersihkan dengan alkohol

Jika bisul sudah pecah, bersihkan nanah dan cairan yang keluar dengan kain kasa dengan ditambah alkohol. Jangan lupa untuk menutupi bekas luka bisul yang pecah untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Caranya, buat selembar kain kasa lalu tuangkan alkohol hingga agak basah.  Kemudian, bersihkan perlahan nanah atau cairan yang keluar dari bisul hingga bersih.  Jika sudah, tutup dengan kain kasa dan beri plester agar menempel.