SELAYAR, RAKYAT NEWS – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., memberikan paket konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan sasaran di Halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Selasa (27/10/2020).

Program konversi ini merupakan program Kemitraan antara Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR RI. Kali ini ada 1. 358 paket yang akan dibagikan ke nelayan.

Pemberian paket konversi BBM ke BBG ini untuk yang kedua kalinya di Kabupaten Kepulauan Selayar. Pada Tahun 2018 kemarin paket konversi yang sama sebanyak 1.261 dibagikan kepada masyarakat nelayan kecil.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM melalui Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Ditjen Migas atas terpilihnya kembali Kepulauan Selayar menjadi salah satu daerah penerima paket konverter BBM ke BBG. Program ini merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Kepulauan Selayar setelah tahun 2018,” ujar Marjani Sultan.

Dia menjelaskan bahwa program konversi BBM ke BBG ini adalah terobosan yang sangat baik karena langsung menjawab permasalahan.

Nelayan pada umumnya adalah pengguna armada kecil dan mesin katinting yang tersebar di seluruh desa pesisir dan pulau-pulau kecil.

Biaya BBM merupakan pengeluaran terbesar nelayan kecil dalam melaut. Dengan penghematan sampai 50% diharapkan dapat membantu ekonomi keluarga dan dapat meningkatkan intensitas dan produktifitas dalam melaut.

Jenis bantuan mesin yang diserahkan kepada para nelayan di Kepulauan Selayar.

“Sebagai daerah kepulauan, konverter kit akan sangat membantu dalam mengurangi ketergantungan terhadap BBM bersubsidi. BBM di Kabupaten Kepulauan Selayar sering kali tidak terdistribusi dengan baik akibat faktor cuaca,” kata Marjani Sultan.