Kuala Lumpur, Rakyat News – Pembukaan Sea Games 2017 di Kuala Lumpur menjadi sorotan masyarakat Indonesia, Panitia pelaksana salah mencantumkan warna bendera Indonesia, kelihatannya Bendera Indonesia dicantumkan terbalik menjadi Putih Merah. Penampakan Bendera Merah Putih terbalik di halaman ke-80 buku suvenir pembukaan SEA Games 2017.

Insiden fatal tersebut membuat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi angkat bicara melalui akun twitter pribadinya.

“Pembukaan SEA Games 2017 yang bagus, tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita….Merah Putih. Astaghfirullah…,” tulisnya.

Rakyat News

Khairy Jamaluddin Abu Bakar, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia rencananya akan menemui Imam Nahrawi untuk meminta maaf atas insiden fatal terkait bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan Sea Games 2017. Dikabarkan, pertemuan dua menteri tersebut pada Minggu, (20/8/2017, yang disampaikan langsung oleh Penyelenggara Sea Games Malaysia (MASOC).

“Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia di atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku tersebut,” begitu bunyi pernyataan tertulis MASOC, Sabtu (19/8/2017) lalu.

Buku souvenir spesial yang memuat gambar bendera Indonesia terbalik itu dibagikan kepada seluruh tamu undangan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dalam acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017).

Kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

(Kusuma Widodo/Rakyat News)