JAKARTA – Untuk pertama kalilnya, Bendera Merah Putih berukuran raksasa dikibarkan di atas permukaan Teluk Mamuju, Sulawesi Barat pada Sabtu (13/8).

Baca Juga : Meriahkan HUT RI ke-77, Disdikbud Selayar Lomba Gerak Jalan Indah dan Drum Band

Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik mengatakan bahwa pagi tadi, didampingi oleh Forkopimda menyeberangkan bendera Merah Putih sejauh 2 Kilometer.

“Pagi ini, bersama-sama Forkopimda telah menyeberangkan Sang Saka Merah Putih sejauh 2 kilometer. Ini adalah pengibaran bendera 21×11 meter di permukaan laut, pertama di Indonesia. Ini aksi heroik,” ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Akmal kemudian menyampaikan apreasiasi atas pengibaran bendera yang dilaksanakan di pangkalan TNI AL Mamuju itu. Menurutnya, masyarakat Sulbar bisa bangga dengan aksi heroik tersebut, yang juga menjadi makna penyeberangan bendera Merah Putih dari Pulau Karampuang ke bibir Pantai Mamuju sebagai simbol menyeberangkan Indonesia agar lebih baik lagi.

“Maknanya bisa menyeberangkan Sulbar dari tidak baik ke arah yang lebih baik. Kita bangga, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Sulbar untuk bangkit menuju ekonomi yang lebih baik lagi,” ujar Akmal.

Akmal berterima kasih atas keterlibatan setiap pihak, khususnya kekompakan OPD yang menyukseskan kegiatan tersebut. Dia pun mengaku bangga terhadap personel pangkalan AL Mamuju yang berhasil mengibarkan bendera di laut.

“Ini berkat kerja sama seluruh pihak. Kita berharap acara ini kembali menggunggah rasa nasionalisme kita, bahwasanya Indonesia hadir untuk menyejahterakan masyarakat,” ujar Akmal.

Akmal berharap, para ASN Pemprov Sulbar dapat memaknai kegiatan itu lebih dari sekadar seremoni.

“Tetapi ini langkah awal berbuat baik untuk negara, berbuat baik untuk rakyat, berbuat baik untuk masyarakat Sulbar,” tegasnya.