RAKYAT.NEWS, Makassar – Basarnas Sulawesi Selatan memastikan kesiapan untuk mengantisipasi warga terkena dampak banjir parah seiring dengan intensitas hujan lebat yang melanda sebagian besar wilayah Kota Makassar.

“Dan hari ini juga mengantisipasi karena air pasang akan naik pada jam 19.00 WITA,” kata Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi dalam keterangannya kepada jurnalis, Senin, 13 Februari 2023.

Djunaidi mengungkapkan, telah menerima laporan dan berkoordinasi BMKG Wilayah IV Makassar terkait perkembangan kondisi cuaca ekstrem sejak Minggu, 12 Februari hingga 16 Februari 2023. Basarnas memastikan semua unsur siaga.

“Hari ini sudah hampir seluruh Kota Makassar banjir dan ketinggian atau debit air sudah mencapai setengah meter dan daerah tertentu sudah ada yang satu meter lebih,” ungkap Djunaidi.

Djunaidi juga mengimbau supaya masyarakat tidak panik menghadapi pasang laut nanti. “Tetap kami dari Tim SAR dan petugas evakuasi akan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat untuk bagaimana mengevakuasi korban banjir yang ada di Sulsel atau di Kota Makassar ini,” imbuhnya.

Penulis: M Aswar