RAKYAT.NEWS, Makassar – Ratusan truk pengangkut barang dikabarkan terjebak sepanjang Jalan Trans Papua, Jayapura-Wamena (Jayawijaya). 150-an truk disebutkan terkendala karena kubangan besar di jalur yang dilalui kendaraan.

Bahkan beberapa kendaraan dikabarkan sudah terjebak di jalur itu sejak akhir November 2022. “Ada beberapa kubangan di Km 416 sampai Km 428, ada sekitar 10 titik kubangan,” kata Kepala BPJN Wamena Sefnat Kambu dilansir Kompas.com, Sabtu, 18 Februari 2023.

Kata Sefnat, yang nyata di lapangan ada 150 kendaraan terjebak dan ada sebagian yang sudah ditarik keluar. Menurutnya kendaraan yang terjebak karena jalan ini rusak karena masih belum diaspal. Sebagian besar jalan masih berupa tanah pegunungan.

“Kebetulan di titik tersebut, dari 75 kilometer yang belum beraspal, 50 kilometer sedang tender, kemungkinan Juni akan dikontrakkan. Sedangkan 25 kilometer lainnya sudah dibagi menjadi dua paket SBSN yang sudah mulai dikerjakan karena baru kontrak di Agustus 2022,” terangnya.

Sefnat mengungkapkan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan pihak ketiga yang mengerjakan ruas jalan tersebut.  “Kami sudah sepakat bersama, mulai besok (18/2/2023) sampai 22 Februari, kami harus keluarkan semua truk-truk angkutan umum yang masih terjebak,” imbuh Sefnat.

Sumber: Kompas.com