MAKASSAR – Lomba Asah Terampil atau Cerdas Cermat (CC) Antar Kelompok Tani Se-Kabupaten Luwu Utara (Lutra), digelar di Gedung Cagar Budaya Onderafdeling Masamba, pada Minggu (14/08/2022).

Baca Juga : Camat Tallo Siap Sambut HUT RI 77

Ketua Panitia, Made Sudana melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani sebagai pelaku utama dalam meningkatkan produksi dan produktivitas.

“Sebagai wahana bagi petani untuk melakukan konsolidasi pengembangan diri, tukar pikiran, menukar informasi, menjalin kemitraan serta sebagai bentuk pembelajaran mengasah pengetahuan petani dalam bidang pertanian dan pengetahuan umum,” ujarnya.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, lomba asah terampil yang kembali dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara adalah ajang yang dinanti-nantikan, karena disini menguji seberapa besar dampak dari program-program terkait dengan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, khususnya disektor pertanian termasuk petani andalan dan kelompok wanita tani.

“Banyak sekali program terkait penguatan sumber daya manusia selain penguatan kelembagaan,”

Ia melanjutkan, sumber daya alam yang melimpah tidak ada artinya jika sumber daya manusianya tidak siap mengelolanya dengan bijak.

“Ini dibuktikan dengan kontribusi kepada pdrb Kabupaten Luwu Utara sampai dengan 49,04%, artinya sektor pertanian berkontribusi menyumbang pdrb hampir 50%,” lanjutnya.

Ia mengatakan, karena itu pantaslah jika semua pimpinan hadir memberikan dukungan kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian karena merekalah yang menjadi tulang punggung.

“Terimakasih kepada penyuluh, petani andalan kita, dan KWT serta petani milenial, karena kita berharap sektor pertanian ini menarik minat para petani milenial. Ditargetkan sekitar 1 juta yang akan terbentuk diseluruh Indonesia dan di Kabupaten Luwu Utara petani milenial kita sangat eksis,” katanya.

“Mari jadikan lomba asah terampil ini menjadi ajang pengembangan diri, ajang tukar pikiran, menukar informasi dan saling memberikan apresiasi sekaligus membangun kemitraan karena hal ini sangat diperlukan dalam membangun kolaborasi khususnya dan membangun sektor pertanian yang semakin handal serta semakin maju,” imbuhnya.

Terakhir, ia mengatakan kesuksesan itu ditentukan dari seberapa besar ikhtiar.

“Saya tahu kita semua sudah berikhtiar sehingga tidak heran sangat besar kontribusinya terhadap pembangunan di Kabupaten Luwu Utara,” pungkasnya.

Adapun peserta kegiatan ini berasal dari 14 BPP kecamatan se-Kabupaten Uuwu utara, minus BPP Kecamatan Seko.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada DPP konstra tani terbaik tahun 2022, yaitu Kecamatan Bone-bone, Kecamatan Rongkong serta Kecamatan Sukamaju Selatan, oleh Bupati Luwu Utara.