RAKYAT. NEWS, Jakarta – Pipa Pertamina di kawasan Depo Pertamina Plumpang di jl Tanah Merah Bawah RT 012 RW 09, Kecamatan Koja, Jakarta Utara meledak, Jumat malam, 3 Maret 2023 sekitar pukul 20.00 WIB. Mengakibatkan terjadi kebakaran besar dan data sementara dari papan Posko Taktis Penyelamatan Kebakaran yang ada di lokasi mencatat, 13 orang tewas dan 29 lainnya luka-luka.

Dikutip dari kompas.com, Jumat malam, 3 Maret 2023, jenazah korban sudah dimasukkan dalam kantong jenazah dan dijejerkan di posko tersebut. Adapun korban luka juga telah dievakuasi ke empat rumah sakit yakni RS Koja, RS Tugu, RS Mulya Sari dan RS Pelabuhan.

Pihak Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III membenarkan kebakaran yang terjadi di pipa penerimaan BBM di Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

“Terjadi insiden terbakarnya pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang,” ujar unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan, melalui pesan singkat, Jumat.

Berdasarkan keterangan Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulmarmat), informasi pertama soal peristiwa itu diterima petugas pada pukul 20.11 WIB.