RAKYAT.NEWS – Aksi kolektif memperingati Hari Perempuan Internasional, 8 Maret berlangsung di Gedung Mulo, Makassar, 18 Maret 2023. Di kegiatan ini, karya-karya jurnalis yang intens mengangkat isu-isu inklusif diapresiasi.

Ada dua kegiatan di aksi ini berupa pameran karya jurnalis dan gelar wicara bertema, “Merangkul Kesetaraan dalam Menyuarakan Isu Inklusif Bagi Semua”.

Di gelar wicara, menghadirkan pembicara antara lain Eko Rusdianto, kontributor Mongabay Indonesia, Suriani Mappong, Jurnalis Antara, Rubianty Sudikio, penyiar RazFm, Chaerani, jurnalis Republik.News.

Juga ada Program Manager INKLUSI – BaKTI, Lusia Palulungan, Ketua AJI Makassar, Didit Hariyadi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Makassar, Achi Soleman.

Program Manager INKLUSI – BaKTI, Lusia Palulungan, salah satu penyelenggara kegiatan mengatakan, selain memperingati Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day-IWD), kegiatan ini juga adalah bentuk apresiasi kepada para jurnalis yang telah mengedukasi masyarakat dengan cara mengangkat isu-isu inklusif seperti isu perempuan, anak, disabilitas, serta kelompok marjinal dan rentan.

“Kami sangat mengapresiasi teman-teman jurnalis yang selama ini sudah melakukan perannya dengan baik untuk mengedukasi masyarakat, mengangkat isu-isu inklusif,” ungkap Lusia.

Aksi kolektif memperingati IWD tahun ini diselenggarakan atas kerjasama Yayasan BaKTI melalui Program INKLUSI (Kemitraan Australia-Indonesia) Menuju Masyarakat Inklusif bekerjasama dengan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia).

Juga ada YKPM (Yayasan Kajian dan Pemberdayaan Masyarakat), SCF (Sulawesi Community Foundation), AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) dan RJP (Ruang Jurnalis Perempuan).

Reporter: Regent Aprianto Husen