RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Nazriel Efrizal, remaja berusia 17 tahun dari Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, mencatat prestasi gemilang.telah menjadi juara 1 Bidang Inovasi Teknologi (IT) pada Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diumumkan Dinas Pemuda dan Olahraga pada 20 Juli lalu.

Hal itu, diungkapkan oleh Suyoto selaku Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Timur.

Menurutnya, Nazriel merupakan salah satu warga dari RT.008 RW.007 Kelurahan Kampung Melayu yang berhasil menjadi juara karena penemuannya yang disebut Teksiban (alat pendeteksi banjir).

“Teksiban merupakan alat yang dirancang sebagai sistem peringatan dini mengenai banjir,” kata Suyoto.

Sebagai informasi, Teksiban ditenagai solar panel yang memanfaatkan energi surya (matahari) dan bateri 12v sebagai penampung energi. Alat ini dibuat dengan menggunakan ultrasonik sebagai pemberi sinyal deteksi dan sirine yang digunakan sebagai penanda bahwa akan ada tanda bahaya banjir.

Atas suksesnya itu, kata Suyoto, Remaja tersebut akan mewakili DKI Jakarta ke Lomba Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi tingkat Nasional pada akhir Juli.Maka, Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (Sudin Pora) Jakarta Timur sudah memberikan bantuan uang pembinaan sekaligus mendampingi Nazriel hingga ke tingkat nasional bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, warga, Lurah Kampung Melayu, Camat Jatinegara dan jajarannya.

“Kita terus mendampingi Nazriel, baik pembinaan hingga dukungan untuk menjuarai tingkat nasional, karena ini patut dicontoh oleh generasi muda di Jakarta Timur,” katanya.

Untuk itu, Suyoto mengaharapkan langkah ini akan membawa kesuksesan bagi Nazriel di masa depan. Di usianya yang masih sangat muda, ia mampu mengembangkan keahliannya menciptakan alat teknologi pendeteksi banjir.

“Kita saat ini memilih (perwakilan) tingkat SMA/SMK setingkat, karena memiliki jangka waktu yang panjang untuk mengembangkan inovasi-inovasi untuk lebih baik lagi,” imbuh dia.