RAKYAT.NEWS, PALEMBANG – Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa menyampaikan KemenPANRB terus mendorong unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) termasuk sektor kesehatan guna meningkatkan kualitasnya agar dapat memberikan pelayanan publik prima.

Menurutnya, Pelayanan publik yang baik merupakan dampak reformasi birokrasi yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.di hadapan Direktur RSUD Bari Kota Palembang dan jajaran, ia juga menyampaikan strategi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Terdapat enam strategi yang dapat dilakukan, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Strategi ini tentunya juga dapat diimplementasikan oleh RSUD Bari Kota Palembang agar pelayanannya dapat lebih maksimal dan memudahkan masyarakat,” pungkas, Diah Natalisa dalam acara Bimbingan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di RSUD Bari Palembang, Jumat (11/08/2023).

Diah Natalisa merinci, strategi pertama pemenuhan akan kebijakan pelayanan publik. Regulasi yang wajib dipenuhi.Diantaranya, Standar Pelayanan, Forum Konsultasi Publik, Survei Kepuasan Masyarakat, dan pengelolaan pengaduan melalui SP4N-LAPOR!, dimana hal ini yang menjadi fondasi penyelenggaraan layanan. Keseluruhan proses tersebut menjadi hal yang dibina dan dievaluasi oleh Kementerian PANRB melalui Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP).

Pada tahun 2023 ini, ia menjelaskan terdapat perluasan ruang lingkup PEKPPP yang juga mencakup pelayanan jasa, dimana RSUD menjadi unit lokus evaluasi. “Sebagai _leading sector layanan kesehatan di Kota Palembang, RSUD Bari bertanggung jawab atas jasa pelayanan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kota Palembang terutama bagi masyarakat yang kurang mampu,” papar Diah Natalisa.

Pasalnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur menjadi strategi selanjutnya. ASN perlu mengimplementasikan nilai dasar BerAKHLAK serta didukung oleh tiga pilar agar ASN terus memiliki kualitas mumpuni dan juga adaptif. Pilar tersebut adalah kepemimpinan yang baik, pemahaman dan pemanfaatan teknologi informasi terbaru, serta kesempatan dan fasilitasi ide yang terbuka.