RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) digugat seorang advokat, Rudy Hartono untuk uji materi Pasal 169 huruf q UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu berkenaan dengan batas usia maksimal capres-cawapres.

Dalam Pasal 169 huruf q UU No. 7 baru diatur soal batas usia minimal yakni 40 tahun, sementara tidak diatur soal umur maksimal. Atas dasar itu ia ingin ada batas usia maksimal 70 tahun bagi capres-cawapres.

Dia ingin UU Pemilu tidak hanya memuat batas usia minimal tetapi juga maksimal bagi capres-cawapres.

Rudy mengajukan permohonan Pengujian Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Terhadap pasal 8 ayat (3), pasal 27 ayat (1) Pasal 28 D ayat (1) dan pasal 28 D ayat (3) UUD 1945.

“Menyatakan frasa ‘usia paling rendah 40 tahun’ pada Pasal 169 huruf (q) UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum adalah konstitusional bersyarat (conditionally constitutional) yang artinya harus ditafsirkan pula dengan keberadaan norma pembatasan usia maksimal dengan frasa ‘usia paling tinggi 70 tahun’ sebagai bagian tak terpisahkan dari persyaratan menjadi calon presiden dan wakil presiden,” demikian bunyi petitum lainnya, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Rudy juga menjabarkan sejumlah argumen dalam permohonannya.

Ia menyebut pengaturan batas minimal dan batas maksimal perlu ada sebagai pengejawantahan dari syarat konstitusional calon presiden sebagaimana disebutkan dalam Pasal 6 ayat (1) UUD 1945, yaitu “mampu secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden dan wakil presiden”.

Menurut Rudy, norma tersebut memiliki perhatian terhadap dua hal sekaligus, yakni kemampuan rohani dan kemampuan jasmani yang dikaitkan dengan tugas dan kewajiban presiden dan wakil presiden.