Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menyambut baik kehadiran tim juri ADWI 2022 itu. Dia menyebut, ADWI ini menjadi motivasi masyarakat Bantaeng untuk terus berkreasi meningkatkan potensi wisata daerah.

“anugerah wisata ini adalah motivasi bagi kita semua untuk hadir menggerakkan potensi wisata demi memberi kebermanfaatan bagi kita semua,” jelas dia.

Dia juga memberi apresiasi terhadap para pemuda desa Campaga yang mendorong gerakan ekonomi kerakyatan melalui potensi desa. Dia menyebut, kelurahan Campaga ini sebenarnya adalah kelurahan denga potensi pertanian dan perkebunan.

“Tetapi berkat kreatifitas pemuda di desa ini, potensi wisata ini juga berhasil dimunculkan,” jelas dia.

Dia menambahkan, Bantaeng adalah salah satu daerah yang juga terdampak Covid-19. Meski demikian, Bantaeng menjadi daerah terbaik di Sulsel yang cepat bangkit dari Covid-19.

“Kita cepat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Ini salah satunya berkat peran potensi wisata,” jelas dia.

Kuliner Lokal untuk Pak Menteri

Sekedar diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga S Uno akan mengunjungi kelurahan Campaga yang masuk dalam 50 desa wisata ADWI. Menteri Sandiaga Uno akan disuguhkan sejumlah kuliner lokal khas Kecamatan Tompobulu. Di antaranya Gagape, Kaloli, Gogos dan Cucuru.

Tidak hanya itu, Kadis Pariwisata Bantaeng, Harmony mengatakan bahwa akan menyediakan minuman khas daerah tersebut.

“Kita juga siapkan kopi Wine dan kopi khas Tompobulu,” kata Kadis Pariwisata Bantaeng, Harmony.

Menteri Sandiaga akan melakukan kunjungan wisata ke air terjun Simoko dan sejumlah titik wisata buatan yang ada di Campaga. Harmony yakin, suguhan pemandangan alami di Campaga akan bisa membuat Menteri Sandiaga terpesona.

Sekadar informasi, jarak Kelurahan Campaga dari kota Bantaeng, sekitar 15 kilometer atau dapat ditempuh selama 20 menit perjalanan darat.