JENEPONTO – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Jeneponto menggelar Workshop Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) tahun 2022, di Aula Kantor UPTD KB Kecamatan Rumbia, Rabu (14/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Jeneponto dr. HM Iswan Sanabi, diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Taufiq, SE memantau langsung Workshop PBDKI Tahun 2022 di Kecamatan Rumbia.

Turut hadir yakni kepala UPTD KB Kecamatan Rumbia yang akrab disapa Ibu RATU, Ketua IPKB Ismail Naba, dengan peserta terdiri dari Manager Data (MD), Manager Pengelola (MP), SPV (Supervisor) dan Kader Pendata.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PP dan KB Jeneponto Taufiq mengatakan, pemutakhiran data base keluarga sangat penting dalam mewujudkan program pembangunan, pengentasan kemiskinan dan upaya percepatan penurunan stunting.

“Data keluarga tahun 2021 tentu di 2022 ada perubahan sehingga harus dilakukan pembaharuan data, melengkapi data yang belum lengkap serta mencatat mutasi keluarga karena ada keluarga yang belum terdata, ada keluarga baru, perubahan umur anggota keluarga, penambahan jumlah anggota keluarga, ada perubahan keluarga yang beresiko stunting,” kata Taufiq.

Melalui kesempatan ini, lanjut Taufiq, diharapkan petugas dari pengelolaan pendataan keluarga mendapat pembekalan yang cukup sehingga pemutakhiran data keluarga dapat berjalan dengan baik.

“Nanti peserta yang ikut workshop hari ini akan memberikan pelatihan kepada petugas pendataan keluarga ditingkat desa dan kelurahan didaerahnya masing-masing,” tandasnya.

Pendataan Keluarga 22 (PK 22) ini akan dilakukan serentak di semua desa/kelurahan se-Kabupaten Jeneponto mulai tanggal 15 September 2022 sampai dengan tanggal 15 Oktober 2022 dari rumah kerumah dengan metode Smartphone dan Paperbase. (*)