RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pengamat Politik, Jerry Massie menyinggung pernyataan bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan soal dugaan Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan titipan pihak-pihak tertentu. Menurutnya, harus lebih spesifikasi lagi PSN dimaksud.

 

“Harus ada pembuktian juga kan, sebetulnya Anies bilang begitu, data-datanya PSN itu dari siapa, perusahaan apa, siapa kanan, siapa kiri, inisial saja namanya,” kata, Jerry kepada Rakyat News, Senin, 2 Oktober 2023.

 

“Dia (Anies Baswedan) kan pernah Gurbenur, ya otomatis mungkin tau ada dugaan. Cuma dia gak spesifik hanya menyinggung sayap kiri dan kanan.Bagi saya harus tutup point aja PSN mana,” kata Direktur Eksecutif Political and Public Policy Studies itu.

 

Apalagi, kata Jerry, jika dugaan yang di maksud Anies itu benar, bukan hanya negara saja mengalami dampak PSN tersebut, melainkan masyarakat juga akan ikut merasakan hal yang sama. “Kasihan ke Masyarakat juga impactnya atau dampaknya,” imbuh dia.

 

Dengan alasan itu, Jerry mengingatkan bagi Cawapres 2024. “Ketika menyatakan sebuah narasi-narasi perlu di pertimbangkan dan di perhitungkan lah.Jangan membingungkan publik,” tandasnya.

 

Mengutip dari detikcom, Anies menilai PSN saat ini perlu diluruskan. Soalnya, PSN sekarang dibilangnya adalah titipan kanan-kiri.

 

“Dan ketika titipan kanan-kiri, konsekuensinya dirasakan oleh masyarakat. Ini kita kembali perlu luruskan, sehingga apa yang menjadi kebijakan-kebijakan itu mencerminkan tujuan awal,” kata Anies di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 1 Partai Masyumi, dikutip dari detikcom.

 

PSN atau Proyek Strategis Nasional harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), serta tentu saja sesuai dengan amanat konstitusi UUD Negara 1945. Dia sering menyaksikan kebijakan-kebijakan tanpa tata kelola pemerintahan yang benar. Akibatnya, kebiajkan tersebut tidak berkeadilan.