RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Posisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) masih diduduki Erick Thohir meski Luhut Binsar Panjaitan telah kembali ke Indonesua pada Selasa (29/11).

Melalui akun Instagram @erickthohir, ia kini berada di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghadiri rangkaian KTT COP28. Erick bertugas sebagai Menko Marves ad Interim menggantikan Luhut.

Erick juga dijadwalkan memberi sambutan dalam pertemuan tentang iklim tersebut. Ia bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya akan mengisi sesi ‘Tropical Forest Power for Climate Partnership’ pada sore ini waktu Indonesia.

Ia sudah mengisi posisi yang ditinggalkan Luhut sejak 11 Oktober 2023 lalu. Menteri BUMN, Erick Thohir ditunjuk langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan ketika Luhut sakit.

Di lain sisi, kemarin Luhut terpantau hadir langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat dalam pelantikan sang menantu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak. Ia disebut tiba di tanah air kemarin, khusus untuk menghadiri pelantikan Maruli.

Wajah Luhut tersorot kamera saat dengan lantang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di momen pelantikan sang menantu. Ia berdiri dengan sikap hormat, di mana rambutnya yang kini putih ditutupi dengan kopiah.

Selepas prosesi pelantikan, KSAD Maruli memberi hormat kepada sang mertua yang menghampirinya. Keduanya pun berpelukan dan Luhut tak kuasa menahan air matanya.

Luhut juga memeluk sang putri Paulina Panjaitan yang merupakan istri Maruli Simanjuntak. Luhut juga tampak menepuk-nepuk pundak sang putri sembari berisak air mata haru.

“Ya jadi kalau kita dibawa keluarga, Pak Luhut dulu juga punya cita-cita jadi kasad. Cuma ya sekarang cukup mantunya sajalah,” jelas Maruli soal kehadiran Luhut saat pelantikannya, dikutip dari CNNIndonesia.com.