JAKARTA – Kamis, 4 Januari 2024, Masalah daya tahan baterai smartphone seringkali menjadi perhatian utama para pengguna. Pasalnya, saat ini keseharian kita tidak lepas dari pemakaian smartphone, dari komunikasi hingga hiburan dan main game di m88.

Bagi para pemilik HP Android, menjaga agar baterai tetap tahan lama dan tidak cepat habis menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, lakukan lima tips ampuh berikut ini untuk menghemat baterai HP Android Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat lebih lama menikmati penggunaan HP Android tanpa harus terus-menerus mencari colokan daya.

1.   Batasi aplikasi boros baterai

Beberapa aplikasi seringkali menjadi penyebab utama dalam baterai cepat habis, khususnya saat beroperasi di latar belakang. Untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang menjadi penyebab boros baterai, buka menu Pengaturan pada perangkat HP Android Anda, lalu arahkan ke bagian ‘Baterai’ dan periksa rincian ‘Penggunaan Baterai’.

Dalam daftar tersebut, Anda dapat melihat aplikasi yang menggunakan daya paling banyak. Langkah pertama untuk menghemat baterai adalah dengan membatasi aktivitas latar belakang dari aplikasi-aplikasi ini. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mencari alternatif aplikasi yang lebih efisien dalam penggunaan daya.

2.   Mengaktifkan fitur baterai adaptif

Salah satu cara cerdas untuk menghemat daya baterai pada perangkat Android adalah dengan mengaktifkan fitur baterai adaptif. Fitur ini memungkinkan ponsel pintar untuk belajar pola penggunaan Anda seiring waktu dan secara otomatis mengoptimalkan kinerja baterai berdasarkan kebiasaan penggunaan harian.

Dengan mengaktifkan baterai adaptif, ponsel akan dapat menyesuaikan penggunaan daya secara lebih efisien, mengurangi beban pada baterai saat tidak diperlukan, dan memberikan daya maksimal saat dibutuhkan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat membuka menu Pengaturan > Baterai > Adaptif Baterai, dan mengaktifkannya untuk menikmati manfaat penghematan daya yang signifikan.

3.   Mematikan layanan lokasi jika tidak diperlukan

Meskipun layanan lokasi kadang diperlukan, namun dapat menjadi penyebab pengurasan baterai yang signifikan. Jika penggunaan layanan lokasi tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya matikan Layanan Lokasi pada perangkat Android Anda untuk secara signifikan memperpanjang masa pakai baterai.