RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menegaskan bahwa para perusahaan pelat merah perlu untuk lebih peduli terhadap kesehatan mental atau mental health para karyawannya.

Hal ini diungkapkan Erick melalui akun media sosial Instagram pribadi miliknya @erickthohir, bahwa dirinya telah menandatangani Surat Edaran Menteri tentang Employee Well Being, yang nantinya akan disebarkan ke sejumlah perusahaan BUMN untuk kemudian dapat diterapkan.

“Saya telah menandatangani surat Edaran Menteri tentang Employee Well-Being untuk perusahaan-perusahaan BUMN. Mental health menjadi salah satu perhatian kami, karena ini merupakan hal yang penting namun masih sering dipandang sebelah mata,” ujar Erick dalam unggahan akun Instagram pribadinya, Jumat (19/1/2024).

Erick menjelaskan bahwa kesehatan mental adalah salah satu hal yang menjadi perhatian dirinya serta para petinggi BUMN lainnya, namun meski begitu menurutnya terdapat masih banyak pihak yang memandang isu kesehatan mental ini sebelah mata.

Selain itu, Erick juga mengatakan bahwa dirinya berupaya untuk mendorong perusahaan BUMN dalam menyediakan fasilitas karyawan yang ramah terhadap ibu hamil dan membawa anak ketika bekerja.

“Tidak hanya itu, kami juga mendorong perusahaan BUMN untuk menyediakan fasilitas penunjang bagi ibu yang bekerja, seperti ruang laktasi dan daycare,” jelasnya.

Tidak sampai di situ, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini juga berupaya untuk mendorong hadirnya lingkungan kerja yang mendukung keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

“Dengan kebijakan ini, saya mendorong untuk terciptanya lapangan kerja yang mendukung keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Saya yakin, dengan terpenuhinya kebutuhan dan kepuasan kerja karyawan, akan berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan,” kata Erick.