RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng memiliki perolehan suara teratas dalam pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat berdasarkan rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurutnya, hal itu ingin membuktikan terjun ke politik tidak harus ada istilah tiga tas (popularitas, elektabilitas dan isi tas).

“Sedangkan saya tasnya kosong, gak banyak menggunakan itu. Jadi maksudnya saya kasih tau, bisalah dengan cara sederhana pun,” kata Komeng, mengutip Kompas TV, Jumat (16/2/2024).

Dalam kesempatan itu, Komeng menyampaikan jika dirinya benar terpilih menjadi DPD Jawa Barat akan memajukan seni budaya Indonesia.

“Saya ingin seperti korea selatan menjajah negara lain dengan seni dan budayanya. Katanya pemasukan negaranya (Korea Selatan.red) dari seni budaya hampir doble digit buat APBN negaranya,” ungkap dia.

Apalagi, kata Komeng, di negara indonesia lebih luas dan beragam berbagai macam suku dan budaya.

Yang terakhir, Komeng disinggung mengenai pose foto yang tertera di surat suara. “Saya suka aneh-aneh aja, waktu itu KPU meminta foto ciri khas yang di pakai,” kata dia.

Komeng menduduki posisi teratas pemilihan DPD Jawa Barat berdasarkan rekapitulasi sementara KPU. Komeng mengalahkan puluhan nama lainnya yang bersaing di daerah pemilihan yang sama.

Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2/2024) pukul 10.19 WIB, dengan data masuk 39,49 persen, Komeng meraih 700.966 suara atau 10,04 persen.