RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Politisi Partai Golkar, John Rende Mangontan meminta maaf terkait candaannya yang mengajak untuk berbuka puasa dengan babi guling. Ia mengatakan hal itu hanya candaan dan bukan untuk umat muslim yang saat ini sedang berpuasa.

“Saya memohon maaf jika ada yang salah tafsir. Terus terang ini hanya candaan dan hanya diperuntukkan bagi kami sesama penganut kristen,” katanya dalam keterangan yang diterima Rakyat News, Kamis (21/3/2024).

John menceritakan awal mula candaannya itu di salah satu grup WhatsApp. Mulanya ia hanya membahas polling dan survei menyangkut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kalau tidak salah dalam candaan kalau tidak salah tujuh orang dan candaan itu cair dan hidup lalu saya kirim babi guling dan tulis buka puasa tapi tidak ada bahasa saya tentang saudara saya muslim karena puasa dikenal dan dilaksanakan juga di agama Kristen apalagi dalam suasana menyambut paskah,” ungkapnya.

Menurut John, orang kristen juga menjalankan puasa yang dikenal dengan puasa 40 hari saat menyambut hari paskah.

“Yang paling tertib laksanakan adalah umat Katolik dan Pantekosta sedangkan protestan banyak juga yang laksanakan. Selain itu juga ada puasa mingguan dan bulanan,” ujarnya.

John bilang, saat diskusi di grup WhatsApp tiba-tiba ada satu anggota muncul marah. Padahal, yang bersangkutan tidak mengikuti percakapan atau candaan sejak awal.

“Saya masih bilang kok tiba-tiba nongol langsung marah? Saya menjawab juga bahwa kalau tersinggung saya minta maaf tapi jujur saya tdk ada niat ke situ,” ucapnya.

Di dalam grup itu, John juga mengirim pesan langsung ke orang tersebut untuk mencoba memberi pengertian. Akhirnya yang bersangkutan bisa memahami.