RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Para atlet pelajar peraih medali dalam ajang ASEAN Schools Games (ASG) 2024, mendapatkan beasiswa pendidikan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Ajang tersebut berlangsung di Da Nang, Vietnam pada 1-7 Juni 2024 lalu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengaku bangga dengan prestasi kontingen dari Indonesia.

“Sudah seharusnya kami Pemerintah memberikan apresiasi kepada pelatih dan atlet muda kami. Para atlet akan diberikan beasiswa untuk peraih medali emas, perak, dan perunggu,” kata Dito di Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (10/6) siang.

Dito mengatakan bahwa hal itu diberikan sebagai motivasi bagi atlet muda.

“Pesan saya, meski diberikan beasiswa, kalian (atlet-atlet muda pelajar), harus tetap belajar di sekolah dengan sungguh-sungguh,” ujar Dito.

Selain atlet, Dito juga mengapresiasi pihak terkait yang telah membimbing para atlet muda itu. Menurutnya, peran stakeholder sangat vital.

Sebagai informasi, ada dua cabang olahraga yang memecahkan rekor dalam ASG tahun ini, yakni olahraga renang yang dicetak Arya Adrean, dalam nomor 50 meter gaya dada putra, dan bola basket putra yang berhasil menundukkan Filipina di babak final. Bahkan, tim renang menjadi penyumbang medali emas terbanyak untuk kontingen Indonesia, dengan total 11 emas.

Untuk diketahui, Indonesia telah meraih 22 medali emas, 22 perak, dan 20 perunggu dari enam cabang olahraga yang diikuti, yaitu renang, atletik, badminton, vovinam, pencak silat, dan basket.

 

Penulis: Leo