RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pengamat Politik, Jerry Massie percaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menemukan keberadaan Harun Masiku.

Sebelumnya, KPK menyita handphone dan tas milik Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto selama proses pemeriksaan pada 10 Juni lalu.

“Bisa jadi, upaya menemukan Harun Masiku. Dan saya percaya, Harun Masiku yang ditutupi selama ini akan terungkap,” ucap Jerry kepada Rakyat News, Rabu (13/6/2024).

Jerry bilang, penyitaan selama penyidikan tersebut dijamin undang-undang. “Saran saya Hasto tak perlu galau, kalau dia tak bersalah saya pikir aman-aman saja,” ujarnya.

Jerry yakin hal tersebut membuat penasaran publik. “Tapi bahasa non verbal, bahkan verbal, Hasto ada dugaan sebuah kepanikan dan ketakutan. Memang untuk membongkar, apakah ada pembicaraan. Maka, HP seseorang ada hubungannya perlu disita,” jelas Jerry.

Maka dari itu, Jerry yakin akan ada sesuatu yang akan terungkap setelah penyitaan itu.

“Memang nama Hasto, sempat diseret dalam kasus Harun Masiku. Semua akan terkuak antara Hasto terlibat atau tidak. Pengadilan Tipikor yang akan menjawab,” ujar Jerry.

“Ada yang mengaitkan dengan Pemilu itu salah besar, pemilu sudah berakhir jadi tak ada korelasinya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Hasto diperiksa pada 10 Juni lalu oleh KPK sebagai saksi buronaan KPK, Harun Masiku.

Kuasa Hukum PDIP, Ronny Talapessy, mengatakan selain ponsel, penyidik KPK juga menyita beberapa benda lainnya yang dipegang Staf Hasto, Kusnadi saat ikut mendampingi berupa kartu ATM hingga buku catatan.

“Upaya mengambil atau menyita barang yang tidak ada kaitannya dengan perkara ini adalah bentuk pelanggaran HAM,” ujar Ronny.