-Berada di luar ruangan yang panas terik juga bisa membuat smartphone overheat.

Cara Mengatasi Smartphone Overheat

Jika sudah tahu berbagai penyebabnya, berikut cara mengatasi smartphone overheat.

1. Ganti baterai
Jika penyebab smartphone overheat adalah kualitas baterai yang menurun, sebaiknya Anda melakukan pergantian baterai.

Pasalnya, baterai yang terlanjur turun kualitasnya akan membuat operasional hp berjalan lambat sehingga mudah memicu hp jadi panas ketika aktivitas penuh.

2. Dinginkan di tempat yang teduh
Cara mendinginkan hp yang panas karena cuaca dan suhu di lingkungan luar ruangan adalah dengan membawa smartphone ke tempat yang teduh.

Dinginkan di suhu ruang tersebut. Namun, jangan pakai kotak pendingin (cooler box) maupun memasukkanya ke kulkas.

3. Sudahi bermain game
Cara mengatasi smartphone overheat selanjutnya adalah segera menyudahi aktivitas bermain game Anda. Istirahatkan hp selama beberapa saat.

Begitu juga jika Anda sedang menggunakan hp untuk streming video dan membuka aplikasi GPS. Segera keluar dari aktivitas tersebut.

4. Tutup aplikasi tak terpakai
Selain menyudahi bermain game, aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai sebaiknya ditutup. Biasakan untuk tidak menumpuk penggunaan aplikasi dalam satu waktu bersamaan agar beban sistem operasi hp tidak berat.

5. Matikan smartphone
Cara mengatasi smartphone overheat berikutnya adalah mematikan hp dalam beberapa waktu. Tujuannya untuk memberi jeda terhadap hp karena sudah bekerja ekstra selama berjam-jam misalnya.

6. Aktifkan airplane
Jika tidak ingin mematikan hp, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane sementara waktu agar sistem operasi smartphone bisa istirahat sejenak. Hal ini membuat data seluler tidak bisa digunakan sementara waktu.

7. Lepas case hp
Saat smartphone overheat, sebaiknya Anda lepas pelindung atau case hp yang digunakan. Sebab, penggunaannya menghalangi udara panas untuk keluar dari hp.