Makassar, Rakyat News – Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-348 Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung meriah di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar (18/10/2017).

Parade militer, alutsista, kendaraan, terjun payung, penyerbuan teroris dan atraksi Sukhoi warnai HUT Sulsel. Kegiatan ini merupakan kerja sama TNI dan parade pembangunan OPD dengan defile mencapai 2.000 orang.

Acara yang paling menarik perhatian yakni defile dan pertunjukan dari berbagai elemen.

Defile pertama adalah pasukan Batalyon upacara satu merupakan gabungan satuan TNI AD. Terdiri dari pasukan Raider 3/Kostrad, gabungan Yonif Raider 700/WYC dan Yonzipur 8/SMG serta pasukan gabungan Yonkav 10/MG.

Setelah itu gabungan perwakilan daerah melakukan defile serta parade kendaraaan dari organisasi perangkat daerah (OPD).

Belasan prajurit Paskhas TNI Angkatan Udara dan Marinir TNI Angkatan Laut melakukan terjun payung dan mendarat di lokasi acara.

Selanjutnya dilakukan simulasi penyergapan teroris di depan Gubernur dan para undangan yang dilakukan oleh Mariner TNI Angkatan Laut dan juga pasukan Rider TNI Angkatan Darat.

“Para pasukan menyerbu teroris dari Poso yang berhasil melarikan diri ke Makassar dan sekarang berada di kawasan Center Point of Indonesia,” sebut narator.

Pasukan TNI menyerbu dari arah laut, terjadi tembak menembak dan kemudian melumpuhkan teroris.

Simulasi ini mendapat apresiasi dari para undangan dengan tepuk tangan, bahkan saat pertunjukan dikira telah berakhir para undangan dikejutkan dengan ledakan bom TNT (trinitrotoluena).

Acara ditutup dengan atraksi Shukoi yang melakukan manuver dihadapan undangan.(*)