JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Tim Karateker Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (TK BKPRMI) Kecamatan Kelara melaksanakan Munaqasyah Santri TKA/TPA Se-Kecamatan Kelara sebanyak 51 Santri.

Munaqasyah Santri berlangsung di Masjid Jannatun Naim Romangloe, Kelurahan Tolo Utara, Kecamatan Kelara, Ahad (21/05/2023).

Sesuai Laporan Panitia M. Ridwan, S. Pd.I menyebutkan bahwa jumlah santri yang terdaftar pada Munaqasyah saat ini adalah 51 orang terdiri dari 19 laki-laki dan 32 perempuan tersebar di 16 TKA/TPA.

Munaqasyah santri dilaksanakan oleh Karateker DPK BKPRMI Kecamatan Kelara yang telah di SK kan oleh Pengurus DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto yaitu Akhina Salihuddin, S.Ag selaku Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto, Direktur Daerah DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto Mursalim, S.HI dan M. Jihad Akbar, S. Ag yang bertugas melanjutkan program kerja BKPRMI dan mempercepat pembentukan Dewan Pengurus Desa/Kelurahan (DPDes/DPKel) dan Pembentukan DPK BKPRMI Kecamatan Kelara yang habis periodesasi kepengurusannya, kata M. Jihad Akbar, S. Ag dalam sambutannya sebagai mewakili Karateker.

Rakyat News

Hadir mewakili Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto oleh Mursalim, S. HI Dirda LBHA DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Munaqasyah santri ini adalah untuk evaluasi dan alat ukur sejauh mana keberhasilan dari proses belajar mengajar di TKA/TPA.

“Pelaksanaan Munaqasyah Santri ini adalah salah satu program kerja DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto yang bertujuan untuk untuk mengevaluasi proses pembelajaran di TKA/TPA,” Kata Dirda LBHA.

Lebih lanjut Dirda LBHA DPD BKPRMI yang sekaligus Karateker pembentukan DPK BKPRMI Kecamatan Kelara menyampaikan bahwa Munaqasyah hari ini sangat ketat penilaiannya dari item-item yang diujikan.

“Munaqasyah kali ini sangat ketat penilaiannya dari semua item yang diujikan yakni bidang Tilawah Al-Qur’an, Hafalan Surat-Surat pendek dari Surat An-Nas sampai Surat Adh-Dhuha Bacaan dan Praktek Shalat, Hafalan Do’a sehari-hari, Tahsinul Kitaba dan Dinul Islam yang diujikan oleh Tim Munaqisy dari DPD BKPRMI Kabuoaten Jeneponto,” ujarnya.

 

Rakyat NewsDengan demikian maka diharapkan hasil dari ujian munaqasyah ini akan semakin berkualitas, pungkas Awink panggilan akrabnya.

Sementara Camat Kelara yang diwakili oleh Lurah Tolo Utara Syarifuddin, SE mengapresiasi pelaksanaan Munaqasyah santri yang dilaksanakan oleh BKPRMI. “Kami dari pemerintah mengapresiasi kegiatan keagamaan seperti ini karena dengan kegiatan keagamaan seperti ini, anak-anak kita akan tumbuh menjadi generasi yang islami sehingga kampung kita akan menjadi aman, damai dan tenteram,” kata Syarifuddin.

Lebih lanjut Lurah Tolo Utara menyampaikan harapan agar kalau ada kegiatan yang akan dilaksanakan segera dikomunikasikan. “Kalau mau melaksanakan kegiatan segera dikomunikasikan agar kami bisa berpartisipasi pada kegiatan tersebut,” jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh DPD BKPRMI Kabupaten Jeneponto, Karateker DPK BKPRMI Kecamatan Kelara, Kapolsek Kelara, Danramil Kelara, Tokoh Agama Kelurahan Tolo Utara, Tokoh Masyarakat, Guru-guru Santri dan orang tua santri.

Penulis : Awink