JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Panwaslu Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto menggelar apel patroli pengawasan kawal hak pilih di salah satu lokasi PKD tepatnya di Kampung Tarusang Utara, Kelurahan Monro- Monro, Sabtu (10/6/2023).

Apel dilakukan bersama jajaran pimpinan Panwaslu, kepala sekretariat, staf, Panwaslu Kelurahan/Desa se Kecamatan Binamu, PPS Kelurahan Monro-Monro dan Ketua PPK Kecamatan Binamu.

Kemudian dilanjutkan dengan aksi simpatik di Monro-Monro dengan mendatangi rumah penduduk, tempat ga’de-ga’de (penjual emperan), pangkalan ojek dan kerumunan warga lainnya untuk memastikan mereka sudah dicatat sebagai pemilih pada pemilu 2024.

Rakyat News

Melakukan cek DPT online dilanjutkan suluh pengawasan partisipatif kepada warga dengan meminta warga aktif menyampaikan kepada pengawas pemilu jika terdapat potensi pelanggaran atau jika terdapat warga yang belum terdata dalam daftar Pemilih.

Anggota Panwaslu Binamu koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Miss Ninik mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan hak pilih warga sudah terakomodir dengan baik melalui cek DPT online.

“Selain itu, kegiatan patroli juga sebagai ajang mendekatkan diri kepada masyarakat agar mereka berani melaporkan dugaan pelanggaran kepada para penyelenggara terkhusus kepada Pengawas Pemilu,” ungkap Miss Ninik.

Rakyat News

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Rahmat Jaya, menambahkan, patroli pengawasan kawal hak pilih ini dilanjutkan di wilayah kerja masing-masing PKD dengan cara yang sama termasuk sekolah dan TPS khusus di Kecamatan Binamu.

“Salah satu fokus dalam patroli pengawasan memang mendatangi tempat-tempat yang diprediksi penghuninya berpotensi kehilangan hak pilih, seperti rusun, sekolah, dan lapas” ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua PPK Kecamatan Binamu Hamsar, menyambut baik kegiatan patroli kawal hak pilih yang dilakukan secara bersama dengan PPS, ini menunjukkan ada kesamaan tujuan yakni hadirnya data pemilih yang valid, sebagaimana visi bersama PPK dan Panwaslu Kecamatan Binamu.