MAKASSAR – Massa aksi unjuk rasa dari aliansi Protes Rakyat Indonesia yang berisikan buruh dan mahasiswa mendemo Mitshubishi Beta Berlian Motor Jalan Alauddin No.193, Kecamatan Rappocini, kamis(10/8/2023).

Pada unjuk rasa ini dikawal ketat oleh petugas Kepolisian dari Polsek Rappocini yang dipimpin AKP Widodo Waka Polsek Rappocini untuk menjaga jalannya aksi dengan aman dan tertib.

Massa aksi yang datang sekitar Pukul 15.30 WITA dengan massa aksi berjumlah sekitar 100 orang menggelar orasinya dengan menggunakan mobil komando dengan pengeras suara.

Salah satu orator dalam orasinya  mengatakan Mishubishi Beta Berlian Motor telah melakukan pemutusan hubungan kerja secara pihak terhadap karyawannya seorang sales penjualan mobil.

“Mitshubishi Beta Berlian Motor telah melakukan pemutusan hubungan kerja secara sepihak,” ungkapnya.

Tambahnya orator mengatakan pihak Mitshubishi Beta Berlian memberikan gaji kepada karyawannya yang di PHK secara tidak manusiawi dibawah UMR, dan tidak memberikan hak-haknya seperti THR dan yang lainnya.

Sementara itu pihak Mitshubishi yang di wakili Siswanto Kepala Cabang Beta Berlian Motor yang menerima dan berberdialog kepada perwakilan massa aksi mengatakan kami menerima teman-teman yang melakukan aksi unjuk rasa.

“Kami mencoba menerima dan menampung aspirasi dari teman-teman massa aksi dan melaporkan kepada pimpinan atas, intinya kami mau cari baiknya saja,” ungkapnya.

Adapun yang hasilnya menurut versi massa aksi adanya kesepakatan, pihak Mitshubishi akan membayarkan tapi tidak sebesar yang di minta massa aksi.

Setelah diterima dan mendapatkan kesepakatan massa aksi menuju ke aksi selanjutnya di depan kampus UNM Jalan AP Pettarani.

Informasi yang didapatķan karyawan yang berhenti adalah karyawan freelance yang dimana tidak ada perjanjian kerja yang mengikat kedua belah pihak.