Perjalanannya SMAN 8 Makassar menuju juara tidaklah mudah. Dimulai dari babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 3 September 2023, tim yang dikapteni oleh Muh Rafly ini harus lebih dulu menyisihkan sekitar 40 Sekolah di area Makassar dan sekitarnya.

Selanjutnya di babak final Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Makassar pada 23 September 2023, tim juara ini mengalahkan 3 tim terbaik untuk wilayah Sulawesi, yaitu dari Gorontalo, Manado, dan Palu.

Acara Grand Final AXIS Nation Cup 2023 ini juga dimeriahkan dengan music performance oleh JKT48 dan Diskoria.

Selain ut serta pertandingan Fun Match dari para influencer antara tim Shafira Ika Putri (Tim Nasional) dan Aganta VS tim Vonny Felicia dan Ciccio Manassero (Aktor).

Dalam babak grand final, SMAN 8 Makassar yang mewakili Region Sulawesi berhasil menjadi juara setelah mengalahkan 10 tim sekolah lainnya dari beberapa kota di Indonesia dan berhak mendapatkan hadiah Rp 75.000.000.

Sedangkan SMK Nusantara Jakarta Barat menjadi juara 2 dengan hadiah Rp 50.000.000 dan SMAN 11 Semarang menjadi juara 3 dengan hadiah Rp 15.000.000

Melibatkan lebih dari 1.200 sekolah dengan lebih dari 12 ribu atlet dari 30 kota di seluruh Indonesia, ajang AXIS Nation Cup 2023 juga mendapatkan perhatian luas dari masyarakat, terutama kalangan muda.

Lebih dari 100 ribu pengunjung menyaksikan di sepanjang babak preliminary di enam region yang berlangsung di Serang, Tangerang, Bogor, Bekasi, Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang, Solo, Denpasar, Surabaya, Malang, Mataram, Aceh, Medan, Palembang, Padang, Jambi, Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Manado, Gorontalo, Palu dan Makassar.**