Pada sebagian warga Jeneponto, Gantalak Jarang merupakan salah satu sajian wajib yang harus tersedia dalam berbagai acara seperti pesta pernikahan, pesta khitanan, aqiqah, menyambut hari raya, dan moment moment istimewa bagi masyarakat Jeneponto dengan sajian menu Gantalak jarang.

Gantalak jarang sudah menjadi konsumsi legendaris masyarakat Jeneponto, dan membuat bangga masyarakat Jeneponto, karena hanya Jeneponto dari 24 kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki makanan khas daging kudu-Gantalak Jarang. Kini Masyarakat Jeneponto patut berbangga, makanan khas Gantalak Jarang telah diakui pemerintah sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Tahun 2024.

Jika penasaran akan rasanya, dagingnya yang renyah dengan rasa yang spesifik di lidah, segera datang berkunjung ke Kabupaten Jeneponto ke warung makan yang menyajikan Gantalak Jarang atau hadir langsung saat perayaan hari jadi Jeneponto ke 161, tanggal 1 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten Jeneponto akan menyelenggarakan Festival Kuliner Gantalak Jarang.

Penulis : Oji pajeka (Tim JJ 161)

–Bersambung–