TEKNO – Pada umumnya smartphone masakini dibekali dengan layar luas, prosesor cepat, serta didukung RAM yang besar untuk kemampuan multitasking tinggi sehingga kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan semakin besar.

Baca Juga Kalla Toyota Hadirkan Program DP Mulai 25% Untuk Toyota Hiace, Hilux dan Dyna

Penggunaan smartphone yang berlebihan mengakibatkan kecanduan, dan berdampak pada umur baterai yang cenderung singkat.

Untuk meminimalisir hal tersebut berikut kami berikan 9 tips merawat baterai HP agar dapat bertahan seharian !

1. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Cara merawat baterai HP baru selanjutnya adalah jangan sampai membiarkannya terlalu panas alias overheat.

Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus, apalagi jika dibuat untuk bermain game.

Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak, seperti menggunakan kamera hanya saat perlu, dan mematikan aplikasi dari background.

2. Hindari Mode Getar

Mode getar memudahkan kamu untuk tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik. Biasanya, kamu mengaktifkan mode ini apabila sedang berada di kelas atau sedang bekerja.

Tapi hal ini justru membutuhkan daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih.

Untuk menghemat baterai smartphone dan menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan Mode Silent saat kamu tidak ingin membuat keributan.

3. Hindari Permukaan Panas

Selain membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat.

Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain.

4. Aktifkan Battery Saver

Kalau kamu penasaran bagaimana cara merawat baterai HP tanam agar awet, coba deh kamu aktifkan fitur Battery Saver di kala daya baterai tinggal sedikit.