Dengan mengaktifkan fitur ini saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-batt, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya.

Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-batt, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang memiliki fitur battery saver.

5. Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan

Selain membuat baterai boros, dalam jangka panjang aplikasi yang banyak mengandung iklan akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performanya menurun.

6. Atur Kecerahan Layar Smartphone

Dengan mengatur tingkat kecerahan layar ke yang paling rendah, smartphone kamu jadi lebih hemat baterai.

Kalau kamu sedang berada di tempat yang terang, barulah naikkan tingkat kecerahannya sampai kamu bisa melihat layar smartphone.

Agar semakin hemat baterai, jangan lupa untuk mengatur Time Sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misal 1 menit.

7. Update Aplikasi Hanya via WiFi

Saat terhubung dengan WiFi, smartphone kamu akan terkunci pada jaringan itu saja sehingga penggunaan CPU dan baterai jadi lebih hemat.

Untuk itu, saat update aplikasi dan update OS, sebaiknya kamu lakukan hanya saat terhubung dengan WiFi.

Cara merawat baterai HP agar tidak boros yang satu ini juga efektif untuk membantu kamu menghemat kuota.

8. Matikan Notifikasi

Matikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang kamu anggap tidak penting. Ini efektif untuk menghilangkan kecanduan smartphone dan menghemat baterai.

Untuk mencobanya, kamu bisa masuk ke menu Setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi ataupun game yang tidak ingin kamu tampilkan notifikasinya dan pada bagian Show Notification hilangkan centangnya.