Oleh: Fatmawati (Anggota Forma PKIP FKM Unhas)

Makassar, Rakyat News – SD Binaan menjadi cara Forum Mahasiswa Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Forma PKIP FKM Unhas) dalam mewujudkan sekolah sehat bertempat di SD Inpres Tamalanrea V Makassar, Sabtu (9/12/2017).

SD Binaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada warga sekolah dasar untuk peduli terhadap kesehatannya.

Kegiatan ini mengangkat konsep ‘Promotor Cilik’ dengan harapan siswa SD yang telah mengikuti pelatihan promotor cilik memiliki keterampilan komunikasi efektif dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada teman sebaya dan orang lain yang ada di sekitarnya.
Kegiatan SD Binaan ini mengikut sertakan 18 orang siswa sekolah dasar dari kelas III, IV, dan V sebagai promotor cilik yang telah dilatih dan dibina selama 4 kali pertemuan dalam kurung waktu kurang lebih 2 bulan.

Suasana kegiatan SD Binaan

Materi dalam pelatihan promotor cilik tersebut terkait indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah, yakni mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun serta mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah.

“Promotor cilik dipilih karena anak-anak akan lebih mudah menerima informasi dan pesan kesehatan yang disampaikan oleh teman sebayanya,” ungkap Nur Afni Fitriani selaku ketua panitia ketika menjelaskan alasan pemilihan konsep promotor cilik.

Salah satu anggota Forma PKIP FKM Unhas menyampaikan arahan kepada peserta

Bintang, salah satu promotor cilik dari kelas V.b menyampaikan rasa senangnya mengikuti kegiatan SD Binaan ini.

“Saya sangat senang, selain dapat ilmu juga melatih rasa percaya diri,” jelas Bintang.