LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengucapkan terima kasih dengan adanya inisiatif dua buah Ranperda tentang Kurikulum Muatan Lokal dan Ranperda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Hal tersebut disampaikan terhadap Penjelasan Pengusung terkait Ranperda Inisiatif DPRD Kab. Luwu Utara saat menghadiri Rapat Paripurna pada Jumat, 29/07/2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab. Luwu Utara.

“Dimana secara umum subtansinya mengatur mengenai urusan pendidikan, lingkungan, pembangunan dan kesejahteraan yang dapat saya maknai sebagai manifestasi dari esensi pemerintahan daerah yaitu penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan DPRD,” katanya.

Dua ranperda ini menggambarkan bahwa disamping fungsi regulasi atau fungsi pembentukan perda yang melekat pada DPRD telah dilaksanakan. Hal ini menunjukkan wujud pemerintahan di daerah secara bersama-sama oleh Pemda dan DPRD sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang.

“Salah satu kurikulum yang pendidikan yang wajib dimuat dalam mata pelajaran/modul/blok/tematik yaitu muatan lokal yang merupakan bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksud untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan daerah,” ujarnya.

Muatan lokal ini diajarkan dengan tujuan untuk membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk melestarikan dan mengembangkan keunggulan, kearifan daerah yang berguna bagi diri dan lingkungan dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Terkait dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan menggunakan (TJSL) sebagai penerjemahan dari istilah corporate sosial responsibility (CSR) untuk konteks perusahaan dalam masyarakat indonesia dan berperan dan mengartikan sebagai komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.