RAKYAT.NEWS, BEKASI – Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Faisal, merespons Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Bekasi yang mengeluhkan sumber air bersih yang minim, terutama untuk keperluan saat terjadi bencana kebakaran.

Fausal menegaskan bahwa saat ini, memang hanya air di Kali Malang, Bekasi yang mampu digunakan dalam keadaan darurat.

Kepala Disdamkarmat Kota Bekasi, Aceng Solahudin, mengatakan bahwa memang hanya air di Kalimalang satu-satunya sumber air bersih untuk pemadam kebakaran. Berbeda dengan sumber lainnya yang tidak layak pakai.

“Kita hanya punya satu sumber air bersih dan itu cuma Kalimalang. Ini cukup menyulitkan kami ketika kebakaran terjadi, karena hanya bisa mengambil dari situ,” kata Aceng kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Faisal menilai, kondisi air Kalimalang memang mengikuti geografis masing-masing wilayah. “Kalau saya tangkap air bersih itu, air konsumsi. Jadi, yang memang bisa ambil air gratis di Kali Malang,” ucapnya kepada Rakyat News, Selasa (30/7/2024).

Faisal mengutip perihal Peraturan Daerah (Perda) Bekasi terkait ketersediaan air untuk Pemadam Kebakaran.

“Dalam Perda menyatakan menyediakan stok (Persediaan) air di dalam toren-toren yang di pendam di titik tiap tingkat Kelurahan maupun Kecamatan Se-Kota Bekasi,” tutupnya

 

 

Adv/Humas DPRD Kota Bekasi