RAKYAT NEWS, JAKARTA – Hasan Nasbi telah dipilih sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja tersisa dalam pemerintahan Presiden Jokowi Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hasan Nasbi memiliki latar belakang sebagai pengamat politik sekaligus menjadi pendiri Lembaga Survei Cyrus Network.

“Saya siap untuk bekerja dengan Pak Jokowi setelah dilantik,” ungkap Hasan Nasbi saat tiba di Istana Negara, Jakarta, pada hari Senin.

Hasan Nasbi mengonfirmasi bahwa ia akan menjabat sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan setelah mendapatkan pemberitahuan pada Minggu (18/8) pagi.

Ketika ditanya mengenai tanggung jawabnya, Hasan Nasbi menyatakan akan memberikan penjelasan lebih lanjut setelah acara pelantikan berlangsung.

“Kita akan memberikan informasi setelah dilantik,” kata Hasan Nasbi.

Sebelumnya, Hasan Nasbi pernah menjadi pendamping Presiden Jokowi saat mengunjungi Sumatera Selatan (Sumsel) pada bulan Mei 2024.

Pada waktu itu, dia menyaksikan kemampuan komunikasi Presiden yang luar biasa dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Selain itu, Hasan Nasbi juga pernah menjadi anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan untuk pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sebelumnya, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024 tentang Kantor Komunikasi Kepresidenan untuk meningkatkan efisiensi dalam menyajikan komunikasi dan informasi strategis Presiden secara terkoordinasi dan terpadu.

Menurut salinan Perpres yang diakses dari situs jdih.setneg.go.id di Jakarta, Kantor Komunikasi Kepresidenan bertanggung jawab untuk memberikan dukungan kepada Presiden dalam menyampaikan komunikasi dan informasi mengenai kebijakan strategis dan program prioritasnya.