RAKYAT.NEWS, MEDAN – Ivan dan Vani Jusak Otnieliem berhasil menyumbang dua medali sekaligus bagi Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Keduanya berhasil menyumbang emas dan perunggu melalui cabang olahraga Dancesport di Santika Dyandra Hotel Medan, Kamis (12/9/2024) malam.

Ivan dan Vani berhasil meraih perolehan medali emas PON XXI dalam Kategori FFA, disusul Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai peraih perak dan Bali yang meraih perunggu.

Dibalik kesuksesannya meraih medali emas dan perunggu PON 2024, terdapat kisah menarik Ivan Otnieliem dalam mempersiapkan latihan menjalang ajang pekan olahraga terbesar di Indonesia yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali tersebut.

Saat dikonfirmasi Rakyat.News, Ivan membeberkan bahwa Ia bersama saudarinya, Vani Jusak Otnieliem, mengikuti proses latihan khusus Dancesport di salah satu negara benua Eropa, Slovenia.

“Memang Kemarin ke Slovenia untuk Latihan,” bebernya

Namun, kata Ivan, persiapan mereka tersebut memakan banyak biaya, sehingga harus menggadaikan  Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil (SK PNS) demi mendapatkan hasil maksimal di PON XII 2024.

“Banyak habis (biaya) juga. Sampai gadai SK PNS ku kemarin,” ujar Ivan.

Meski begitu, Ivan mengaku berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya atas pencapaiannya tersebut.

“Terima kasih atas dukungan dan supportnya selalu untuk kami,” jelas Ivan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi pencapaian medali emas dan perak yang telah didapatkan oleh Otnieliem bersaudara tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggnya atas raihan medali emas dan perunggu oleh Ivan dan Vani Otnieliem dalam cabang olahraga Dancesport di PON XXI ini,” ujar Suherman.