RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komisi X DPR RI memberikan dukungan penuh untuk proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai pemain Timnas Indonesia.

Kedua pemain tersebut memang sedang dalam proses naturalisasi untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Terakhir, berkas naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Timnas Indonesia sendiri saat ini berada di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan telah mengumpukan 2 poin dari dua pertandingan.

Kehadiran keduanya tentu akan menjadi kekuatan tambahan untuk bersaing di Grup C melawan tim-tim seperti Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain dan Tiongkok.

Mees Hilgers dari FC Twente dan Eliano Reijnders dari PEC Zwolle adalah dua pemain baru yang sedang dalam proses naturalisasi oleh PSSI.

Setelah menerima tanda tangan dari orang nomor satu di Indonesia, selanjutnya berkas keduanya akan diserahkan ke Komisi X DPR RI untuk mendapatkan persetujuan.

“Segera ya. Ada orang mau mempertahankan merah putih, ada yang mau mempertahankan Garuda Pancasila di dadanya itu, itu harus kita sokong, kita bantu, dan kita nunggu prosedur saja,” kata anggota Komisi X DPR RI Djohar Arifin Husin dikutip dari YouTube DPR RI.

Djohar menyatakan bahwa Komisi X akan membantu proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Begitu (surat) sampai di Komisi X, nanti pimpinan dan anggota akan membahas itu dan menyelesaikan sesuai prosedur,” bebernya.

“Tidak ada masalah ya. Apapun yang diinginkan oleh bangsa ini kita tentu di DPR RI di Komisi X akan melayaninya,” lanjutnya.

Terkait proses naturalisasi ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap dapat menyelesaikannya sebelum tanggal 20 September. Ini penting karena mengingat pendaftaran pemain untuk pertandingan melawan Bahrain dan Tiongkok bulan Oktober mendatang akan dilakukan antara tanggal 20-25 September.

Jika proses naturalisasi berhasil selesai sebelum tanggal 20 September, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat bermain dalam pertandingan melawan Bahrain dan Tiongkok dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.