RAKYAT.NEWS, ASAHAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan komentarnya setelah Timnas Indonesia kalah 1-2 melawan China dalam pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (15/10/2024).

Jokowi menyatakan bahwa kekalahan Timnas Indonesia dari China adalah hal yang biasa dalam dunia sepak bola.

“Ya namanya bola itu ada menang, kadang-kadang ada kalah. Kadang-kadang drop, itu biasa,” ujar Jokowi usai meresmikan Ruas Tol Indrapura dan Tol Bayung Lencir di Asahan, Sumatera Utara, Rabu (16/10).

Jokowi memberikan dukungan kepada para pemain Garuda untuk tetap tampil dalam performa terbaik di pertandingan selanjutnya. Beliau yakin bahwa Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan-pertandingan mendatang.

“Kita masih memiliki peluang besar untuk masuk ke ronde berikutnya,” kata Jokowi.

Timnas Indonesia selanjutnya akan melawan Jepang pada 15 November nanti. Empat hari kemudian, giliran Arab Saudi yang akan bertanding melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di sisi lain, dengan kemenangan mereka di Qingdao, China, mereka berhasil menyamai jumlah poin Timnas Indonesia di tabel klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meskipun demikian, Tim Merah Putih masih unggul dalam selisih gol atas China sehingga mereka masih berada di peringkat kelima.

Timnas Indonesia dan China tertinggal dua poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang berada di posisi kedua hingga keempat dengan raihan lima poin. Sementara itu, Jepang memimpin klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan 10 poin.