RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pelatih Tim Nasional China, Branko Ivankovic, mengatakan bahwa Timnas Indonesia memiliki karakteristik seperti tim Eropa karena kini memiliki sejumlah pemain naturalisasi.

Ivankovic, yang sedang berusaha meraih poin pertamanya bersama China dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, telah mempelajari karakter pemain Timnas Indonesia menjelang pertandingan ini.

Menurut Ivankovic, kehadiran pemain-pemain naturalisasi telah memberikan karakteristik Timnas Indonesia yang mirip dengan tim Eropa. Pada pertandingan melawan Bahrain, 10 dari 11 pemain inti adalah pemain naturalisasi.

“Banyak pemain dari tim lawan merupakan pemain naturalisasi dari Eropa. Skill dan taktik mereka juga lebih terasa Eropa,” ujarnya dikutp dari Sohu.

Ivankovic juga telah menyiapkan strategi untuk para pemain China agar bisa mengatasi gaya bermain Timnas Indonesia yang telah mengumpulkan banyak pengalaman dalam sepak bola Eropa.

“Kami juga harus menganalisis karakter mereka dan memperkenalkannya pada pemain kami,” kata dia.

Oleh karena itu, dia berharap agar para pemainnya dapat bermain baik dalam menghadapi Timnas Indonesia hingga kemudian meraih hasil maksimal dalam laga tersebut.

“Kami harap pemain kami bisa menunjukkan pressing yang agresif dan bisa bermain efektif,” imbuh Ivankovic.

Timnas China telah menderita kekalahan dalam tiga pertandingan awal. Mereka hanya mampu mencetak dua gol dan kebobolan 12 gol.

Sementara Timnas Indonesia telah mengumpulkan tiga poin. Mereka selalu bermain imbang dalam tiga pertandingan sebelumnya.

Dua tim teratas dari grup C akan lolos ke Piala Dunia, sedangkan dua tim peringkat tiga dan empat akan melanjutkan perjuangan ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara bagi dua tim yang berada pada peringkat 5 atau 6 klasemen dipastikan harus tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.