RAKYAT.NEWS, BALIKPAPANPSM Makassar berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 menghadapi Madura United di laga pekan kedelapan BRI Liga 1 musim 2024/2025.

Laga antara PSM Makassar vs Madura United ini berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (18/10/2024) malam.

Skuad asuhan Bernardo Tavarez berhasil menang dengan skor 2-0, masing-masing melalui gol dari Yuran Fernandez dan Tito Okello.

BABAK PERTAMA

Sejak awal dimulainya pertandingan, kedua tim bermain dengan saling jual beli serangan. Namun PSM Makassar sebagai tuan rumah sedikit lebih mendominan jalannya laga.

PSM Makassar menerima kartu kuning pertama pada laga ini melalui Victor Luiz yang menghalau skema serangan balik pemain dari Madura United di menit ke-8`.

Memasuki menit ke-10` laga, Juku Eja bermain lebih dominan dengan memaksa masuk ke lini pertahanan Madura memanfaatkan kedua sisi sayap.

Di menit ke-16`, PSM Makassar hampir merubah papan skor setelah upaya solo run Victor Dethan tidak mampu menembus gawang yang dijaga WAG dos Santos karena solidnya lini belakang dari Madura United.

Pada menit ke-24` laga, Ahmad Rusadi mendapatkan kartu kuning bagi Madura United setelah melanggar Abdul Rahman di sisi sudut kanan lapangan. Yang kemudian menjadi peluang sepakan bebas bagi PSM Makassar, namun gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Di menit ke-33` laga, Taufany Muslihuddin mendapatkan kartu kuning kedua bagi Madura United setelah berbenturan dengan Hilmansyah yang menangkap nola lebih dulu saat berupaya menerima umpan Irfan dari sisi kanan lapangan.

Memasuki menit ke-35 laga, tim tamu Laskar Sapi Kerap terus memaksa menerobos pertahanan PSM Makassar, namun kokohnya lini pertahanan Pasukan Ramang yang dikomandoi sang kapten Yuran Fernandez tidak mampu di

Yuran Fernandez berhasil membuka keran gol bagi PSM Makassar setelah memaksimalkan peluang sepak pojok hasil umpan dari Victor Luiz di menit ke-39` laga. Skor 1-0 bagi keunggulan Juku Eja.

Yuran Fernandez hampir memperlebar keunggulan PSM Makassar andai sontekannya di menit ke-45+1` laga hasil dari umpan Victor Luiz tidak melambung di atas gawang Madura United.

Alesio Neto menambah perolehan kartu kuning bagi PSM Makassar pada lag aini setelah melanggar pemain Madura united di menit ke-45+2` laga.

Hingga peluit tanda berakhirnya laga babak pertama, skor 1-0 bertahan hingga berakhirnya pertandingan antara PSM Makassar menghadapi Madura United.

BABAK KEDUA

Unggul satu angka, tidak membuat PSM Makassar menurunkan tempo serangannya ke gawang Madura United. Sementara Laskar Sappe Kerrap mencoba peruntungan dengan mengganti Tauffany dengan Muhammad Risky Afrizal di menit 46`.

Juku Eja Kembali hampir nemperlebar keunggulan pada menit ke-49` laga, melalui upaya Victor Dethan yang memaksa masuk ke pertahanan Madura di sisi kanan gawang, yang sayangnya sontekannya tidak mampu dijangkau oleh Adilson Silva dan Latyr Fall.

Memasuki menit ke-66` laga, Juku Eja menarik keluar Abdul Rahman serta Latyr Fall yang kemudian digantikan oleh Ricky Pratama serta Dzaky Asraf.

Hingga menit ke-75, sejumlah pemain dari PSM Makassar kerap kali meringis kesakitan sehingga pertandingan kerap terhenti.

Penjaga gawang Hilmansyah terkena kartu kuning sekaligus yang ketiga bagi Pasukang Ramang pada lag aini akibat terkesan mengulur waktu oleh wasit.

Hingga semenit kemudian (76`) kedua tim masing-masing melakukan pergantian pemain sebagai upaya untuk menambah daya gedor serangan.

PSM Makassar menarik Victor Dethan dan Adilson Silva digantikan TIito Okello serta Muflih Hidayat, sementara Madura memasukkan Sandi Samotsir dan Feby Wirawan yang menggantikan Andi Irfan dan Ilhamsyah.

Memasuki menit ke-80`, Madura United meningkatkan intensitas serangan untuk memperkecil ketinggalan. Namun upaya tersebut masih sulit membendung Yuran dan kawan-kawan di lini belakang PSM.

PSM Kembali melakukan pergantian untuk menambah daya gedor, yakni pada menit ke-84` pertandingan dengan memasukkan Daisuke Sakai yang menggantikan Ananda Raihan yang bermain sejak awal laga.

Semenit kemudian (85`), Feby Wirawan yang baru saja masuk harus diganjar kartu kunig oleh pengadil lapangan karena melanggar salah satu pemain PSM Makassar.

Madura hampir menyamakan skor andai sundulan Sandi Samotsir yang memanfaatkan sepakan pojok tidak melambung ke atas gawang dari Hilmansyah di menit ke-87 laga.

Menjelang akhir laga, PSM Makassar terus memaksa menekan pertahanan Madura United untuk memperlebar keunggulan. Alhasil, upaya tersebut membuahkan hasil setelah Tito Okello memaksimalkan sodoran dari Ricky Pratama dari sisi kiri gawang Madura United. Skor 2-0.

Hingga berkahirnya pertandingan, skor 2-0 bertahan untuk keunggulan PSM Makassar atas Madura United.

Hasil ini membuat PSM Makassar naik ke peringkat 3 klasemen sementara Liga 1 musim 2024/2025 dengan nilai 15 poin.

Sementara hasil ini memperpanjang rekor tidak pernah bagi Madura United dengan hanya mengumpulkan angka 3 poin dari 7 laga.

DAFTAR SUSUNAN PEMAIN

PSM MAKASSAR (3-5-2): Hilmansyah; Alosio Neto, Yuran Fernandez, Syahrul Lasinari, Victor Luiz; Akbar Tandjung, Latyr Fall, Ananda Raehan, Victor Dethan, Abdul Rahman; Adilson Silva.

MADURA UNITED (4-3-3): Dida; Frank Sokoy, Pedro Monteiro, Ahmad Rusadi, Ibrahim Sanjaya; Taufany Muslihuddin, Jordy Wehrmann, Ilhamsyah; Lulinha, Maxuel da Silva, Irfan.