RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto secara resmi melantik anggota kabinet dan pejabat setara menteri dalam Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Dalam pelantikan tersebut, sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo (Jokowi) kembali dipilih Presiden Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka untuk tergabung dalam Kabinet Merah Putih.

Keputusan ini diumumkan oleh Prabowo dalam daftar susunan Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Minggu (20/10) malam.

Sedikitnya ada belasan menteri dan wakil menteri dari era Presiden ke-7 RI Jokowi yang kembali dipilih oleh Prabowo.

Di antaranya adalah mantan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dipercaya oleh Prabowo untuk mengisi posisi Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan. Adapun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga kembali ditunjuk untuk melanjutkan jabatannya.

Selain itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang kini ditunjuk untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan, serta mantan Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Ada pula beberapa nama lain yang dipilih oleh Prabowo untuk tetap menjabat, seperti Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Sosial Saefullah Yusuf (Gus Ipul), Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menperin Agus Gumiwang dan Menkominfo Budi Arie Setiadi diangkat sebagai Menteri Koperasi..

Selain itu, juga terdapat Menteri Laut dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi Roesan Roslani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Prabowo juga menunjuk mantan Wakil Menteri ATR/BPN era Jokowi, Raja Juli Antoni, untuk menjadi Menteri Kehutanan, dan Wakil Menteri Pertahanan Herindra sebagai Kepala BIN.