JAKARTA – Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin mengemukakan satu di antara banyak cara menghilangkan kemiskinan dari pandemi Covid-19 yaitu melalui pemberdayaan umat yang merupakan kewajiban dari setiap agama.

Baca juga: Munculkan Kuliner Bantaeng, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Tata Boga

Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H secara virtual mengatakan agama selalu mengajarkan kita untuk selalu membangun ummat.

“Pemberdayaan ini harus menjadi bagian daripada tugas kita karena kita memang diperintahkan untuk membangun umat ini dan ini juga bagian dari agama,” ujarnya Rabu (20/10/2021).

Ia juga menyinggung pentingnya SDM unggul sebagai satu kunci kemajuan umat yang harus terus didorong mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

“Membangun ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan masyarakat bagian daripada kewajiban. Oleh karena itu, perlu ada upaya-upaya kita melakukan pengembangan inovasi dan teknologi,” lanjutnya.

Disisi lain rasa gembira karena di kalangan masyarakat, dan pesantren sudah ada gerakan dan pelatihan untuk mengembangkan bakat dan minat di setiap masyarakat.

“Saya bergembira bahwa di kalangan pesantren sudah muncul gerakan OPOP (One Pesantren One Product) dan dikalangan masyarakat sudah mulai dikembangkan BLK-BLK yaitu balai latihan kerja, dengan berbagai profesi,” ujarnya.

Harapanya, pada peringatan maulid kali ini menjadi momentum meningkatkan semangat memberdayakan dan membangun ekonomi umat.

“Mudah-mudahan peringatan maulid ini juga memberikan kepada kita semangat dan inspirasi untuk bekerja lebih baik dan juga dengan barakah,” pungkasnya.