Secara spasial, ekonomi 8 dari 10 provinsi di wilayah Sulampua mengalami perlambatan dari triwulan sebelumnya, termasuk Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah, yang masing-masing memiliki porsi 34% dan 14% terhadap PDRB Sulampua pada triwulan III 2021.

Pada sisi lain, ekonomi Provinsi Papua (porsi 15%) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 14,54% (yoy) pada triwulan III 2021, seiring dengan peningkatan kinerja tambang tembaga yang dapat menahan perlambatan PDRB wilayah Sulampua lebih dalam.

“Perekonomian Sulampua yang tumbuh positif juga dibarengi dengan terjaganya stabilitas sistem keuangan. Penyaluran kredit di Sulampua hingga triwulan III 2021 tercatat tumbuh sebesar 8,17% (yoy) dengan risiko kredit (NPL) yang tetap terjaga pada level 3,49%. Di sisi lain, simpanan masyarakat hingga triwulan III 2021 tetap tumbuh meskipun mengalami perlambatan menjadi 0,25% (yoy), lebih rendah dari 7,02% (yoy) pada triwulan sebelumnya,” katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (09/11/2021).

Dari aspek kestabilan harga, inflasi Sulampua pada triwulan III 2021 tercatat sebesar 1,63% (yoy), tetap terkendali dan berada dibawah sasaran inflasi nasional pada tahun 2021 yang sebesar 3,0±1%. Terbatasnya kegiatan masyarakat pada masa PPKM diyakini turut menekan laju inflasi dari sisi permintaan. Hingga akhir tahun 2021, inflasi Sulampua diperkirakan akan tetap terkendali. Namun demikian, peningkatan tarif angkutan udara dan faktor gangguan cuaca menjadi risiko tekanan inflasi yang perlu tetap diwaspadai. Secara keseluruhan tahun 2021, inflasi yang terjaga akan mendukung perbaikan perekonomian wilayah Sulampua.

Pertumbuhan ekonomi Sulampua tahun 2021 diperkirakan tetap kuat, lebih tinggi dibandingkan tahun 2020. Perkiraan ini didukung oleh perbaikan daya beli rumah tangga dan perbaikan tingkat kepercayaan investasi pelaku usaha yang terus berlanjut. Selanjutnya, perbaikan kinerja ekspor komoditas utama Sulampua, terutama tembaga dan besi baja, diperkirakan akan terus berlanjut seiring utilisasi kapasitas produksi yang semakin optimal.